Perawatan Infeksi Ginjal

Penyakit ginjal memang harus diwaspadai oleh setiap orang. Siapa saja bisa terkena penyakit ginjal, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Ada banyak macam penyakit ginjal, salah satunya adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke ginjal kemudian berkembang di dalamnya. Bakteri ini mengganggu fungsi ginjal secara keseluruhan sehingga ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Infeksi ginjal bisa terjadi kedua sisi atau hanya infeksi ginjal kiri atau kanan. Jika ditangani dan diobati dengan baik, infeksi ginjal bisa sembuh total. Selain itu infeksi ginjal juga memerlukan perawatan tertentu agar cepat sembuh. Berikut adalah beberapa perawatan infeksi ginjal yang harus dijalani seseorang agar kondisinya segera pulih.
  • Diet Makanan yang Seimbang-Agar infeksi ginjal tidak menjadi semakin parah, hindari memakan pantangan makanan untuk infeksi ginjal yang tidak boleh dimakan. Untuk membantu penyakit infeksi ginjal agar cepat sembuh dan penderita kembali sehat, konsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal. Makanan tersebut antara lain adalah yogurt dan semua produk fermentasi, aneka jenis buah berry, mentimun, biji kenari, serta buah buahan seperti pepaya, pisang, dan semangka.
  • Kontrol Berkala dan Rutin-Penderita infeksi ginjal harus selalu berada di bawah pengawasan dokter. Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, pasien tetap harus dipantau untuk memastikan bahwa bakteri sudah benar benar hilang dan tidak berkembang lagi.
  • Meminum Obat dari Dokter-Ketika menerima perawatan dari dokter, bukan hanya kontrol secara rutin dan berkala saja yang diperlukan. Dokter pasti memberikan bermacam macam obat yang membantu menyembuhkan infeksi yang ada di dalam ginjal. Obat tersebut bisa berupa antibiotik yang bertujuan untuk membunuh semua jenis bakteri yang bersarang di dalam ginjal. Jika obat sudah habis, ada obat infeksi ginjal di apotik yang bisa dibeli dengan resep dokter.
  • Menghindari Aktivitas yang Berat-Pada saat masa penyembuhan, salah satu langkah perawatan infeksi ginjal yang harus dilakukan adalah menghindari segala macam aktivitas yang berat. Berbagai macam aktivitas berat tersebut misalnya adalah berolahraga atau melakukan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga. Jenis aktivitas berat lain yang tidak boleh dilakukan selama perawatan infeksi ginjal adalah merokok. Merokok menyebabkan banyak racun masuk ke dalam tubuh. Racun tersebut akan semakin memberatkan kerja ginjal karena racunnya akan menumpuk dan mengendap di dalam ginjal. 
  • Cukup Istirahat-Kunci menuju tubuh yang sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Selama masa istirahat, kita memberi kesempatan untuk sel sel di dalam tubuh memperbaharui diri mereka. Sel yang lama dan telah rusak akan digantikan dengan hadirnya sel baru yang lebih sehat. Hindari begadang hingga larut malam dan kurang istirahat karena pengaruh kurang tidur terhadap ginjal sangat tidak baik. 
Sekianlah berbagai macam perawatan infeksi ginjal yang perlu dilakukan. Infeksi memang penyakit yang harus diwaspadai dan harus segera diobati. Agar ginjal tidak sampai terkena infeksi, lakukan berbagai cara merawat ginjal agar tetap sehat, yaitu dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Perhatikan pula kebersihan sekitar, terutama saat mandi dan buang air. Bakteri penyebab infeksi ginjal bisa dengan mudah masuk melalui anus. Jangan memberi kesempatan untuk bakteri dan penyakit masuk ke dalam tubuh, karena jika ginjal sudah terkena penyakit akan sulit untuk memulihkan kondisinya seperti semula.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami