Ciri -Ciri Penyakit Ginjal Pada Wanita

Pada dasarnya, penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia ataupun gender. Pemicu utama penyakit ginjal pada wanita yang paling terutama yaitu gaya hidup yang tidak sehat serta obesitas. Ciri ciri penyakit ginjal pada wanita sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ciri penyakit ginjal yang dialami oleh pria. Namun, apabila wanita yang terkena penyakit ginjal dampaknya akan sangat berbahaya bukan hanya pada si penderita, melainkan juga pada kehamilannya kelak.
Berikut adalah ciri ciri penyakit ginjal pada wanita yang wajib anda ketahui yaitu :

1. Gatal yang Berlebih Pada Kulit Tubuh
Ginjal adalah salah satu organ vital yang memiliki peran menyaring darah dan limbah lalu mengeluarkannnya dalam bentuk urine. Jika ginjal terjadi kerusakan tentunya akan sangat berdampak pada proses tersebut. Kotoran atau limbah yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh akan terendap dan menumpuk didalam tubuh. Kondisi yang demikian tentunya akan membuat di dalam darah akan terdapat kotoran yang tidak tersaring oleh ginjal. Kotoran tersebut kemudian beredar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Akibat dari terbawanya kotoran dalam darah tidak lain adalah adanya perasaan gatal yang tak tertahankan pada permukaan kulit.

2. Nafas Terasa Sesak
Penderita penyakit ginjal akan mengalami rasa sesak dan sulit saat bernafas. Ini dikarenakan adanya tumpukan cairan limbah yang memenuhi rongga paru-paru.

3. Merasa Kedinginan dan Menggigil
Terganggunya fungsi dan kinerja ginjal akan menyebabkan penderita nya merasa kedinginan. Kondisi ini disebabkan karena menurunnya kadar hemoglobin dalam darah sehingga kemampuan edar darah semakin menurun.

4. Rasa Pusing Kepala dan Sulit Berkonsentrasi
Berkurangnya kadar hemoglobin dan oksigen dalam darah akan berdampak pada tingkat konsentrasi. Asupan oksigen dan darah yang berkurang pada otak akan menimbulkan rasa pusing dan kurang bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Bahkan tidak jarang penderita sakit ginjal akan terjatuh karena rasa pusing yang berlebihan.

5. Sakit pada Bagian Pinggang
Ciri ciri penyakit ginjal pada wanita paling umum adalah munculnya rasa sakit pada area sekitar pinggang. Seperti kita tahu bahwa letak ginjal berada pada daerah pinggang sebelah kiri dan kanan. Itulah mengapa ginjal sering disebut dengan buah pinggang. Jika terjadi masalah pada ginjal tertunya akan sangat berdampak pada pinggang. Ginjal yang mengalami gangguan akan mengalami peradangan. Luka akibat peradangan itulah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri pada pinggang.

6. Terjadinya Gangguan Hormon
Selain memfilter darah dan mengeluarkan limbah dalam bentuk urine, ginjal juga memiliki fungsi lain yaitu mengahsilkan sejumlah hormon, tentu produksi hormon akan terganggu. Hal ini tentu akan  menganggu sistem metabolisme.dan akan menimbulkan ketidakseimbangan pada hormon didalam tubuh

7. Gejala Anemia
Penderita penyakit ginjal juga akan mengalami gejala anemia. Hal ini dikarenakan berkurangnya kemampuan edar darah, serta kadar oksigen dalam darah. Anemia merupakan gangguan penyakit yang biasa menyerang wanita. Keadaan anemia akan semakin diperparah dengan berlanjutnya stadium pada penyakit ginjal. Anemia biasa dicirikan dengan rasa pusing, cepat lelah, serta wajah dan telapak tangan pucat.

8. Nyeri Saat Berkemih
Penyakit ginjal seperti batu ginjal akan menimbulkan rasa nyeri saat berkemih. Hal ini dikarenakan karena adanya urine yang mengkristal lalu menekan kandung kemih. Semakin besar kristal urin yang membantu tentunya rasa nyeri yang ditimbulkan akan semakin sakit. Urine yang mengkristal tersebut bisa dikarenakan terlalu sering menahan kencing. Jika merasa ingin berkemih lebih baik jangan ditahan tahan

9. Tulang Keropos
Pengeroposan tulang atau osteoporosis pada penderita penyakit ginjal diakibatkan karena adanya kotoran yang ikut teredar bersama darah. Keadaan ini akan berpengaruh pada menurunnya kekuatan tulang. Hal ini tentunya akan membuat rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa nyeri pada tulang tulang.

10. Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh
Semakin meningkatnya cairan dan limbah di dalam tubuh maka akan berimbas pada timbulnya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh yang membengkak seperti tangan dan kaki. Pembengkakan ini dikarenakan cairan yang menumpuk akan menyebar dan terkonsentrasi pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan.

11. Urine yang Abnormal
Keadaan urine abnormal pada sebagian penyakit ginjal bisa diakibatkan oleh hal yang berbeda. Contohnya pada penderita manifestasi diabetes sisa urine akan dikerubungi semut, ini diakibatkan karena takaran gula yang berlebih pada urine.

Sampai disini artikel tentang ciri-ciri penyakit ginjal pada wanita, semoga makin bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda semuanya.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami