Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Penyakit ginjal terbagi dalam beberapa jenis, akan tetapi yang paling sering dibahas ialah penyakit ginjal kronis. Ini dapat dilihat dari perjalanan penyakitnya, sakit ginjal kronis berkembang dari stadium awal hingga stadium lanjut. Di setiap stadiumnya ditemukan tanda dan gejala yang dapat diamati.
Berikut ini ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang bisa kita kenali diantaranya: 

1. Gampang Letih
Ginjal melakukan fungsi penting tubuh seperti mengontrol kandungan asam, kalium, dan kandungan garam. Pembersihan kotoran juga merupakan peran dari ginjal bersama dengan menghasilkan vitamin D dan menyeimbangkan cairan tubuh. Ginjal juga memproduksi hormon yang merangsang pembentukan sel-sel darah merah. Saat fungsi ginjal ini mulai terganggu, maka tubuh pun akan mudah letih dan lemas tidak seperti biasanya. Walaupun rasa lemah itu sering kali tidak terasa, terutama pada stadium awal. 

2. Perubahan dalam buang air kecil 
Umumnya tanda yang paling jelas dari gangguan ginjal adalah perubahan kebiasaan buang air kecil. Produksi urin adalah fungsi ginjal yang utama dan karena itu, saat ada perubahan besar seperti: urin lebih sedikit, buang air kecil lebih sering, perubahan warna, urin berbusa, bau, rasa sakit saat berkemih, atau darah dalam urin, semua bisa menunjukkan adanya masalah pada ginjal. 

3. Protein dalam Urine 
Kerusakan ginjal akan mengakibatkan protein dari darah bocor ke dalam urin, bersama dengan sel-sel darah. Kebocoran bisa terjadi sangat minimal sehingga tidak menimbulkan gejala. Namun jika berat dapat menyebabkan edema atau pembengkakan pada tubuh. Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin, terutama pada orang yang memiliki faktor lain yang dapat berkontribusi pada penyakit ginjal seperti diabetes.

4. Retensi Cairan (Edema) 
Akibat yang ditimbulkan dari bocornya protein darah, yaitu menyebabkan cairan dalam pembuluh darah tidak dapat dipertahankan. Sebagian cairan merembes ke luar dari pembuluh darahh dan masuk ke dalam jaringan. Akibatnya, terjadilah pembengkakan, yang paling sering pada kaki, perut, dan paru-paru yang menyebabkan sesak nafas (terutama pada stadium lanjut). 

5. Nyeri Punggung Bawah 
Rasa sakit dari ginjal dapat dirasakan sebagai sakit punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk, atau bahkan menjalar sampai ke perut. Gejala lain yang harus diperhatikan selain sakit punggung bawah adalah perubahan rasa makanan, rasa metalik di mulut, hilang nafsu makan, sulit untuk berpikir jernih, pusing, sakit kepala, kelelahan, dan kulit gatal atau ruam. 

Demikianlah artikel saya tentang ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang saya tulis diatas. Mudah- mudahan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk para pembaca. Terima kasih dan sampai bertemu lagi di artikel saya yang berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami