Fungsi Ginjal Bagi Tubuh

Ginjal merupakan organ sekresi manusia yang terletak di bagian kanan dan kiri tulang belakang, lebih tepatnya di bawah organ hati dan limpa. Ginjal memiliki fungsi utama yaitu memfilter darah dan selain daripada itu, ternyata ginjal menyimpan fungsi lain diantaranya : 

1. Memfilter dan membersihkan darah
Fungsi ginjal yang paling pertama sekali adalah untuk memfilter dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui santapan makanan dan minuman sehari-hari. Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh, darah terlebih dulu melewati proses pemfilteran di ginjal -khususnya di bagian nefron. Sisa buangan dari proses ini sendiri akan dibuang bersamaan dengan urin.

2. Membentuk urin
Seperti yang kita ketahui secara umum, ginjal merupakan organ yang erat hubungannya dengan fungsi pembentukan urin. Urin yang umumnya terdiri dari air, urea, dan amonia- berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Karena itu, demi lancarnya sekresi cairan, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan ginjal.

3. Mengatur kadar asam dan basa tubuh
Tidak banyak yang tahu bahwa ginjal juga berperan untuk mengatur keseimbangan jumlah asam dan basa dalam tubuh. Apabila jumlah salah satunya dirasa telah melebihi batas normal, maka ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urin. Bayangkan jika ginjal tidak berfungsi secara baik! Anda akan lebih mudah terserang penyakit yang erat kaitannya dengan kelebihan jumlah asam atau basa tubuh.

4. Mengontrol tekanan darah
Dua hormon yang dihasilkan ginjal -renin dan angiotensin- ternyata berfungsi untuk mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah dalam tubuh. Inilah yang mengakibatkan fungsi keduanya sangat berkaitan dengan tekanan darah tubuh Anda. Apabila ginjal berfungsi dengan baik, tentu tekanan darah akan lebih terkontrol.

5. Merangsang pembentukan sel darah merah
Hormon lainnya yang dihasilkan oleh ginjal adalah eritropoietin. Hormon ini memiliki tugas yaitu merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.

6. Menjaga jumlah air dalam tubuh
Anda selama ini menyangka bahwa semakin banyak air terkandung di dalam tubuh, maka semakin baik. Salah! Karena jumlah air yang berlebih justru dapat memengaruhi konsentresi darah. Karenanya, ginjal kemudian menjalankan fungsi osmoregulasi -yaitu membuang kelebihan air dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.

7. Mengatur jumlah kalium dalam darah
Tahukah Anda, bahwa jumlah kalium yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak baik bagi kesehatan tubuh? Ya, apabila jumlah kalium terlalu banyak, maka Anda akan mengalami keadaan bernama hiperkalemia yang dapat menyebabkan kerja otot jantung melambat, bahkan bisa berujung pada kematian.
Sementara, apabila kalium terlalu rendah, maka otot tubuh akan melemah sehingga Anda akan lebih mudah mengalami kelelahan. Karenanya, ginjal berfungsi untuk menjaga jumlah kalium yang ideal agar tubuh dapat bekerja dengan normal.

8. Mengontrol kadar gula darah
Fungsi ginjal sangat kuat hubungannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Lalu, apa fungsi kedua hormon tersebut? Jika insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi, maka adrenalinlah yang bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.

9. Mendaur ulang zat dalam tubuh
Terakhir, fungsi ginjal yang harus Anda ketahui adalah untuk mendaur ulang zat yang ada di dalam tubuh. Glukosa, asam amino, dan garam adalah beberapa zat tubuh yang dapat didaur ulang oleh ginjal. Jika sudah tidak diperlukan lagi, maka zat tersebut akan dibuang bersamaan dengan urin. Namun, jika masih dibutuhkan tubuh, maka akan langsung diedarkan bersamaan dengan darah.

Nah, itu tadi beberapa fungsi ginjal bagi tubuh yang harus diketahui. maka dari itu, mari Sayangi ginjal Anda mulai dari sekarang. Semoga informasinya bermanfaat dan Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami