Makanan Pemicu Gagal Ginjal


Gagal ginjal yaitu
, salah satu dari penyakit ginjal yang bisa mengakibatkan peran utama ginjal menurun secara perlahan-lahan. Pada stadium awal, umumnya disebabkan oleh terjadinya penumpukan limbah tubuh, cairan dan elektrolit yang dapat membahayakan tubuh jika tidak segera melakukan pengobatan. Gagal ginjal juga bisa diakibatkan oleh adanya beberapa keadaan tertentu seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Makanan Yang Dapat Memicu Gagal Ginjal
Pada dasarnya, sebagian penyakit termasuk penyakit gagal ginjal bisa diakibatkan oleh makanan tertentu. Berikut ini ada beberapa daftar makanan penyebab sakit ginjal yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal diantaranya :

  1. Makanan Tinggi KaliumUntuk penderita gagal ginjal sangat tidak di sarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi kalium misalnya : pisang, ubi, kentang, bayam, alpukat dan tomat sementara makanan yang rendah kalium itu misalnya : apel, buncis, kubis, anggur dan stroberi.
  2. Makanan Olahan Dengan Garam Tambahan – Salah satu larangan bagi penderita gagal ginjal karena natrium dalam garam bisa mengakibatkan penggumpalan cairan dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium meski di batasi, apalagi jika penderita mengidap tekanan darah tinggi dan edema.
  3. Harus Bisa Membatasi Asupan Fosfor – Ini merupakan salah satu mineral yang sering di dapati pada makanan seperti : susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan dan selai kacang. Apabila kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita akan mengakibatkan melemahnya tulang dan mengakibatkan kulit gatal-gatal.
  4. Protein Nabati – Memiliki protein kasar yang kurang di gunakan oleh tubuh, karena bisa-bisa menghasilkan limbah lebih metabolik, bisa meningkatkan beban, mengangkat kreatinin dan urea nitrogen darah, serta bisa memperparah kondisi bagi yang mengidap gagal ginjal kronis. Makanan yang mengandung protein nabati yang tinggi yaitu kacang, produk kacang, jamur, jamur hitam dan biji bunga matahari.
Demikianlah beberapa makanan penyebab gagal ginjal yang harus Anda ketahui dan waspadai. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ^_^


Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami