Pemicu Kanker Ginjal

Kanker ginjal ialah kategori kanker yang mulanya timbul di ginjal. Manusia mempunyai dua buah ginjal yang berada di kedua sisi punggung bawah, di bawah tulang rusuk. Ginjal adalah organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga memproduksi hormon renin yang berfungsi mengatur tekanan darah dan hormon erythropoietin yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.

Pemicu Kanker Ginjal

Pemicu kanker ginjal belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Tapi, dokter menemukan bahwa kanker dimulai ketika DNA dalam sel-sel ginjal bermutasi. Mutasi ini membuat sel ginjal tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Penumpukan sel tersebut akhirnya membentuk tumor yang dapat menyebar ke seluruh organ ginjal atau bagian tubuh lainnya.

Ada berbagai faktor yang dapat menaikkan risiko terjadinya kanker ginjal, diantaranya:
  • Merokok.
  • Hipertensi.
  • Obesitas.
  • Mempunyai anggota keluarga penderita kanker ginjal.
  • Efek samping cuci darah jangka panjang.
  • Bekerja di lingkungan yang mengakibatkan terpapar zat tertentu, seperti kadmium.
  • Sindrom von Hippel-Lindau, yaitu kelainan bawaan yang mengakibatkan timbulnya tumor dan kista di beberapa bagian tubuh.
Demikianlah yang dapat saya uraikan mengenai materi Pemicu Kanker Ginjal yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini. Tidak lupa selalu saya pesankan tetap jaga kesehatan Anda dan selalu jaga pola makan yang teratur sehingga terhindar dari penyakit tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami