Pengertian Batu Ginjal

Pengertian Batu Ginjal
   
Pasti Anda sering mendengar atau bahkan tau tentang penyakit batu ginjal. Batu Ginjal atau Nefrolitiasis yaitu, suatu keadaan dimana material keras yang menyamai dengan batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berawal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang difilter oleh ginjal yang kemudian mengendap dan membeku seiring waktu.

Pada beberapa kasus, penyakit batu ginjal ini bisa diderita oleh orang-orang yang berumur sekitar 30-60 tahun. Ditaksir 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami keadaan ini selama hidup mereka.

Endapan batu di dalam ginjal dapat diakibatkan karena makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Bersumber dari jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Gejala batu ginjal
Gejala akibat batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter dengan mudah. Sementara ureter ialah saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Gejala akibat batu ginjal baru dapat diarasakan jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga mengakibatkan iritasi dan bahkan luka. Oleh karena itu, urine kadang bisa mengandung darah. Selain mengiritasi ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam ureter atau uretra (saluran akhir pembuangan urine) sehingga terjadi akumulasi bakteri dan bisa mengakibatkan pembesaran akibat infeksi. Gejala batu ginjal bisa timbul apabila batu bergesekan dengan ureter di antaranya adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan yang dapat disertai mual.
Sementara gejala yang bisa dirasakan jika penderita batu ginjal mengalami infeksi ginjal di antaranya urine tampak keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan demam tinggi.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai pengertian batu ginjal, semoga menambah pengetahuan buat yang membacanya. Terima kasih dan sampai ketemu di artikel saya berikutnya ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami