Pengertian Penyakit Ginjal

Selamat datang di Blog saya. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan pengertian penyakit ginjal. Semoga artikel ini nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Seperti yang sama kita ketahui bahwa penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Gangguan pada ginjal akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam proses mencuci darah yakni memfilter limbah tubuh dan cairan berlebihan yang akan menjadi urine. Secara lebih khusus, ginjal mempunyai berbagai fungsi vital, beberapa diantaranya adalah:

  • Memfilter limbah tubuh (juga zat kimia, obat-obatan, dan makanan) yang ada di dalam darah.
  • Mengatur keseimbangan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh.
  • Memproduksi eritropoetin, yakni hormon yang berguna dalam pembentukan sel darah merah.
  • Memproduksi renin, yakni enzim yang membantu mengatur tensi darah.
  • Memproduksi zat aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena diabetes dan tekanan darah tinggi. Artinya, seseorang berisiko mengalami gangguan ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

Demikianlah artikel ini saya buat. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ginjal yang sangat berbahaya. Tingkatkan kewaspadaan anda agar ginjal tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.


Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami