Pengobatan Penyakit Ginjal


Sebelum memastikan jenis pengobatan untuk penyakit ginjal, langkah pertama yang dilakukan pihak medis adalah menentukan penyebabnya terlebih dulu. Berikut adalah jenis-jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk menangani penyakit ginjal yaitu:

  1. Obat-obatan. Selama menjalani proses mengobati penyakit ginjal, pihak medis akan memberikan salah satu obat darah tinggi dari jenis ACE inhibitors (misalnya ramipril, captopril) atau ARBS (misalnya valsartan dan irbesartan). Selain daripada mengatur tekanan darah, jenis obat ini juga bisa menurunkan kadar protein di dalam urine. Hormon erythropoietin (EPO) juga bisa diberikan pada penderita penurunan fungsi ginjal dan anemia. Untuk infeksi ginjal, pihak medis umumnya akan memberikan antibiotik selama satu hingga dua minggu.
  2. Metode terapi batu ginjal. Batu ginjal yang kecil dan dengan gejala yang ringan tidak perlu penanganan khusus untuk mengatasinya. Pasien akan dianjurkan untuk minum 2 sampai 3 L per hari untuk membilas saluran kemih, diberikan obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen, serta diberikan obat untuk melemaskan otot saluran kemih (alpha blocker) sehingga batu dapat keluar dengan cepat dan tanpa rasa sakit. 
  3. Diet. Ginjal berperan untuk memfilter zat limbah tubuh, beberapa diantaranya mineral dan cairan. Bila ditemukan penurunan fungsi ginjal, sulit bagi ginjal untuk membuang zat-zat limbah tersebut. Oleh sebab itu, pola diet yang semestinya dijalani oleh penderita penurunan fungsi ginjal adalah diet rendah protein dan beberapa mineral seperti natrium, kalium, dan fosfat. Selain itu penting juga untuk membatasi asupan cairan, sehingga cairan tidak menimbun dalam tubuh.
  4. Penyembuhan pengganti ginjal. Apabila ginjal sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya, terdapat tiga cara untuk menggantikan tugas ginjal, yaitu : Cuci darah atau hemodialisis, Continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD), & cangkok ginjal atau transplantasi ginjal.
Sekian informasi seputar cara pengobatan penyakit ginjal, selalu jaga gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur, agar jasmani dan rohani kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang selama ini banyak mengintai di kehidupan sehari-hari kita.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami