Manfaat Buah Nanas untuk Ginjal

Buah memang memiliki bebagai macam manfaat bagi kesehatan. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan adalah nanas. Selain kandungan serat yang tinggi, nanas juga berasa asam dan manis. Selain rasanya manis dan kandungan serat yang tinggi, nanas juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan ginjal. Buah yang banyak tubuh di daerah tropis ini dikatakan dapat menjaga kesehatan ginjal dan mengobati penyakit ginjal. Apa saja manfaat buah nanas untuk ginjal? berikut penjelasannya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Ginjal :
  • Membersihkan Ginjal. Buah nanas memiliki fungsi diuretik yang dapat meningkatkan pengeluaran urine. Apabila urine bisa keluar dengan lancar dari dalam tubuh, maka tidak ada zat-zat atau racun yang tertumpuk di dalam ginjal sehingga kemungkinan terbentuknya batu ginjal menjadi kecil.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal. Didalam buah nanas terdapat enzim bromelain. Enzim ini membantu tubuh untuk mencerna protein sehingga tidak terdapat protein dalam urine. Selain itu, enzim ini juga dapat mencegah pembekuan darah. Nanas juga mengandung kalium yang berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  • Menghancurkan Batu Ginjal. Pada Umumnya, beberapa buah-buahan lainnya di dalam nanas juga terdapat beberapa mineral, diantaranya potasium. Potasium dapat membantu meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  • Memiliki Sifat Antiinflamasi. Buah semangka memiliki sifat antiinflamasi. Sama halnya jika mengonsumsi buah nanas dapat meredakan dan mencegah peradangan pada sendi sehingga mencegah timbulnya asam urat.
  • Sebagai Antioksidan Alami. Salah satu zat yang termasuk dalam antioksidan alami adalah vitamin A dan C. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Antioksidan berperan sebagai zat yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan dan membentuk sel-sel kanker, termasuk membuang racun dari dalam tubuh. 
  • Tinggi Serat dan Rendah Protein. Sebagaimana buah-buahan dan sayuran pada umumnya, buah nanas mengandung banyak serat. Dalam 1 buah nanas segar terdapat sekitar 2,3 gram serat. Serat berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.
Demikianlah beberapa manfaat buah nanas untuk mengobati ginjal. Selain itu anda juga perlu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan cara minum minimal 1,5 liter air putih setiap hari.
Anda juga harus mengurangi konsumsi garam dan protein karena kedua zat tersebut dapat memperberat kerja ginjal. 

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami