Ciri – Ciri Terkena Batu Ginjal

Di dalam tubuh kita terdapat salah satu organ penting yaitu ginjal. Ginjal ialah sebuah organ di dalam tubuh yang memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa dari fungsi ginjal diantaranya adalah sebagai penyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, mengontrol jumlah air di dalam tubuh, dan juga fungsi lain. Jika dilihat dari banyaknya fungsi ginjal tersebut, maka menjaga ginjal agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik sangatlah penting. Gangguan pada ginjal akan membuat fungsi – fungsi tadi menjadi terganggu. Salah satu hal yang sering kali menjadi gangguan pada ginjal adalah munculnya batu ginjal.

Batu ginjal yaitu keadaan dimana di dalam ginjal terbentuk dari sebuah material yang keras menyerupai batu. Material tersebut merupakan sisa – sisa dari zat yang di saring ginjal yang semakin lama mengendap dan akhirnya mengkristal. Jika sudah dalam kondisi ini maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan operasi batu ginjal. Untuk menghindari dari bahaya batu ginjal tersebut, maka kita pun harus mengetahui ciri – ciri terkena batu ginjal. Ada beberapa ciri – ciri terkena batu ginjal yang perlu kita ketahui, yaitu 

1. Seperti ada kerikil pada urin
Ketika anda buang air kecil dan anda melihat seperti ada kerikil pada urin anda, maka itu merupakan salah satu ciri jika anda mengalami batu ginjal. 
2. Darah di dalam urin
Ciri – ciri terkena batu ginjal yang lain adalah rasa sakit saat buang air kecil dan juga darah di dalam urine.
3. Perih saat buang air kecil
Hal ini yang juga menjadi ciri – ciri terkena batu ginjal adalah munculnya rasa perih ketika kita sedang buang air kecil
4. Rasa nyeri pada perut bagian bawah
Nyeri pada perut ini merupakan gejala lain dari munculnya penyakit batu ginjal. gejala batu ginjal pada pria ini ditandai dengan rasa nyeri pada satu sisi bagian perut.
5. Demam
Demam yang menjadi tanda dari penyakit batu ginjal muncul karena infeksi  pada saluran kemih yang disebabkan oleh batu ginjal tersebut.
6. Hyperuria
Hyperuria merupakan gejala awal penyakit ginjal. Hypeuria merupakan sebuah kondisi dimana anda buang air kecil dalam intensitas yang lebih sering. kondisi hyperuria ini bergantung dari bagaimana batu ginjal tersebut menghalangi uretra.
7. Sulit buang air kecil
Jika anda merasa sulit buang air kecil maka itu merupakan salah satu ciri – ciri anda terkena batu ginjal. Nyeri pada saat buang air kecil ini terjadi karena saluran kemih menjadi tertekan oleh batu ginjal sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.
8. Urine berbusa
gejala lain yang akan muncul jika anda mengalami batu ginjal adalah urin menjadi berbusa. Kondisi ini terjadi karena nefron pada ginjal yang rusak.
9. Warna urin menjadi keruh
Salah satu ciri – ciri terkena batu ginjal lainnya adalah warna urin yang menjadi keruh. Batu ginjal ini akan mempengaruhi fungsi ginjal, ginjal yang tidak mampu lagi menyaring urin akan menghasilkan warna urin yang keruh.
10. Mual
Batu ginjal juga akan menyebabkan penderitanya merasakan rasa mual. Hal ini akan terjadi karena batu ginjal ini mengakibatkan penumpukan cairan di dalam perut. Semakin banyak cairan di dalam perut maka akan membuat lambung dapat tertekan dan menyebabkan rasa mual.
11. Perut menjadi kembung
Batu ginjal yang akan menyebabkan menumpuknya cairan pada perut maka lama kelamaan akan membuat perut menjadi kembung.
12. Berkurangnya nafsu makan
Ciri lain dari munculnya masalah pada ginjal adalah berkurangnya nafsu makan. Hal ini karena masalah pada ginjal akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian perut dan juga pada bagian tubuh lainnya. 

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang ciri – ciri terkena batu ginjal. Semoga dengan pembahasan di atas kamu bisa mengatasi batu ginjal ya. Jangan lupa untuk membaca atau tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa merawat ginjal dengan sempurna. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami