Makanan untuk Penderita Kista Ginjal

Kista ginjal adalah penyakit yang umumnya terjadi karena faktor keturunan. Sesudah mengalami kista ginjal, biasanya penderita akan mengalami gagal ginjal. Seseorang yang menderita kista ginjal tentunya sangat rawan pada makanan-makanan yang dikonsumsi karena dapat memperburuk penyakitnya. Berikut ada beberapa macam makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kista ginjal, diantaranya :

Teh hijau-Didalam teh hijau terdapat antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan berguna untuk membunuh radikal bebas agar terhindar dari berbagai penyakit. Inilah yang sangat berguna bagi penderita kista ginjal karena, dapat menurunkan kemungkinan penyakit lain yang ditimbulkan sebagai efek dari obat-obatan dan lainnya.

Ikan-Ikan mengandung gizi yang banyak yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat ikan yaitu mencegah penyakit kanker. Hal ini tentu sangat berguna bagi penderita ginjal dalam menjaga kesehatannya.

Bawang putih-Bawang putih memiliki kandungan allicin yang berguna sebagai pembunuh bakteri atau kuman. Maka dari itu, memakan bawang putih sangat disarankan untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Tomat-Tomat sangat baik untuk tubuh manusia. Manfaat tomat antara lain dapat mencegah  sistem daya tahan tubuh, mencegah cairan yang menggumpal serta mencegah kista muncul. Tentu bagi orang yang terkena kista ginjal, memakan buah tomat angat disarankan. Selain dapat mengurangi kista menyebar, tomat juga dapat mengurangi penyebab kista untuk tumbuh.

Brokoli-Brokoli yang berwarna hijau memiliki kadar vitamin yang sangat tinggi namun tingkat kalori yang rendah. Selain itu brokoli juga memiliki sifat anti kanker. Ini tentu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kista agar penyebaran kista tidak banyak.

Selada-Selada adalah makanan untuk penderita kista ginjal karena selada mempunyai zat yang bisa meristensi insulin di mana resistensi insulin merupakan penyebab kista ginjal ini.

Kembang kol-Kol mempunyai kandungan zat yang berguna untuk detoksifikasi ginjal serta mengurangi peradangan. Hal ini tentu sangat berguna bagi penderita kista ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Wortel-Beberapa penyakit ginjal sangat berhubungan dengan tekanan darah. Wortel dapat menurunkan hipertensi seseorang. Hal ini tentu baik untuk menjaga ginjal agar tidak bertambah rusak.

Lobak-Lobak memiliki kandungan yang rendah kalori sehingga baik untuk ginjal. Selain itu, lobak juga dapat menjadi detoksifikasi ginjal agar dapat mengurangi infeksi yang terjadi karena adanya bakteri.

Kacang kedelai-Kacang kedelai memiliki kandungan yang dapat mengurangi pertumbuhan kista ginjal.

Jagung sutra-Jagung sutra adalah makanan untuk penderita kista ginjal. Jagung sutra memiliki kandungan yang dapat mengecilkan kista ginjal.

Jeruk-Buah sehat lainnya yang bagus dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kista ginjal adalah buah jeruk. Buah jeruk ini kaya akan vitamin C, yang mana vitamin C ternyata cukup efektif dalam mencegah penyakit kista ginjal.

Buah bit-Bit memiliki kandungan yang dapat menurunkan perkembangan dari kista. Hal ini tentu sangan disarankan untuk penderita kista ginjal agar kistanya tidak berkembang menjadi ganas.

Kubis-Kubis adalah sayuran yang tinggi serat. Itulah sebabnya kubis menjadi makanan untuk penderita kista ginjal. Kubis memiliki kandungan yang mampu memberantas sel kanker. Hal ini sangat diperlukan untuk penderita kista untuk memerangi kistanya tersebut.

Kacang panjang-Kacang panjang memiliki serat yang tinggi yang dapat menurunkan kadar gula darah dan rendah kolestrol.

Bawang bombay-Bawang bombay memiliki kandungan yang dapat mengancurkan kristal-kristal yang ada di ginjal. Begitu pun dengan kista, bombay dapat membuat kista tidak berkembang dengan pesat.

Stroberry-Stroberry memiliki kandungan yang dapat memperkecil peradangan. Tentu ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita kista agar tidak menyebar.

Raspberry-Seperti halnya stroberry, raspberry pun kaya akan vitamin dan dapat memperkecil peradangan yang terajadi karena kista.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita kista ginjal, terdapat beberapa makanan yang baik untuk penderita kista ginjal yang mampu menghambat pertumbuhan kista dan ada pula makanan yang buruk dan sebaiknya dihindari bagi penderita kista ginjal karena akan mempercepat pertumbuhan kista di ginjal.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami