Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Infeksi Ginjal

Banyak sekali jenis penyakit yang bisa timbul secara tiba-tiba bahkan tanpa anda sadari sebelumnya. walaupun anda sudah menjaga kesehatan, penyakit itu bisa saja datang dari berbagai cara. Contohnya penyakit infeksi ginjal atau biasa disebut dengan pielonefritis yang merupakan salah satu penyakit atau gangguan pada organ pada tubuh yaitu ginjal . Penyebab infeksi ginjal biasanya adalah karena bakteri. Infeksi ginjal sendiri bisa muncul akibat penanganan yang kurang baik pada penyakit infeksi saluran kemih yang sebelumnya sudah dialami namun anda sudah dapat mendeteksinya dengan memahami gejala infeksi ginjal yang ditimbulkan.

Berikut dibawah ini ada sedikit penjelasan terkait makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang dapat menambah pengetahuan anda dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Yogurt dan Susu Fermentasi
Ternyata susu fermentasi dan yogurt menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal. Makanan ini mengandung probiotik serta bakteri sehat yang sangat baik dan mendukung kesehatan sistem pencernaan anda. Probiotik juga akan sangat mampu melindungi saluran kemih anda dari infeksi. Yogurt dan susu fermentasi memiliki kadungan protein yang tinggi dan mampu mendukung kebangkitan jaringan ramping serta memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Selain protein, susu fermentasi dan yogurt juga memiliki nutrisi lain seperti vitamin D dan kalsium.

2. Berbagai Jenis Buah Berry
Buah berry kaya akan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi ginjal dari infeksi serta mempercepat proses penyembuhan gangguan atau penyakit yang diderita. Buah ini mengandung salah satu zat yang mampu menghambat infeksi bernama tanin dan paling banyak ditemukan pada buah lingonberries, cranberry dan blueberry yang juga mampi melindungi ginjal dari infeksi saluran kemih yang lebih parah.

3. Mentimun
Mentimun bisa dijadikan salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal karena sangat mudah dicerna oleh ginjal dan mampu membantu menghilangkan toksin atau racun dari tubuh anda. Anda dapat menemukan timun dengan mudah di sekitar anda. Cara mengonsumsinya juga beragam, namun disarankan untuk mengonsumsinya selagi segar. Anda dapat memakannya secara langsung atau dicampur dengan salad.

4. Biji Kenari
Biji kenari termasuk ke dalam makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 sendiri adalah lemak sehat yang dapat mendorong kesehatan jantung anda dan mampu mengurangi peradangan pada beberapa bagian tubuh.

5. Pepaya, Pisang dan Semangka
Kegita buah ini selain memiliki rasa yang enak, manis dan segar juga sangat mudah ditemukan disekitar anda sehingga tidak merepotkan anda untuk mencarinya jauh-jauh atau kesulitan dalam mencarinya. Ketiga buah ini memiliki kandungan Vitamin B yang mampu mengobati infeksi pada ginjal sehingga wajar saja jika ketiga buah ini adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal dengan baik. Dengan Vitamin B ini juga racun dapat keluar dari tubuh anda dengan lebih cepat.

6. Aneka Kacang
Seperti salah satu jenis kacang yang sudah disebutkan diatas, nyatanya kacang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang tentunya mampu membantu menajaga kesehatan ginjal dan mampu menyembuhkan infeksi ginjal dengan baik. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam kacang adalah Vitamin B.

7. Anggur Merah
Buah anggur merah yang memiliki rasa manis dan asam ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat banyak sehingga memberikan efek warna merah. Selain itu, flavonoid juga mampu membantu untuk melindungi tubuh anda dari penyakit jantung, mencegah adanya oksidasi serta mengurangi adanya gumpalan formasi dalam darah.

8. Seledri
Sayuran berwarna hijau cerah ini memiliki banyak sekali manfaat yag tidak kita sadari. Selain sebagai penyedap dalam masakan, seledri juga mampu membantu menyembuhkan radang ginjal dengan beberapa kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Seledri juga mengandung kadar serat yang tinggi, kandungan air, serta Vitamin C yang mampu membantu memperbaiki kerusakan jaringan pada ginjal serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Sekianlah pembahasan terkait macam-macam makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang dapat anda konsumsi dengan baik dan benar setiap harinya. Selain memperhatikan pola makan, anda juga harus rajin mengonsumsi  minuman pembersih ginjal  agar kondisi ginjal anda makin prima dan jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga teratur. Hal yang terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan  menghindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami