Tanaman Obat untuk Infeksi Ginjal

Munculnya infeksi pada ginjal diawali pada saluran  kemih dan jika dibiarkan akan merambat sampai ke ginjal. Gejala yang ditimbulkan infeksi ginjal yaitu demam, nyeri pada perut, pinggang paha dan tubuh bagian samping, intensitas buang air kecil meningkat, sakit ketika kencing, terdapat cairan /darah diurine. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi ginjal bisa melalui beberapa cara, salah satunya dengan obat-obatan herbal yang memanfaatkan aneka jenis tanaman obat untuk infeksi ginjal seperti yang akan dibahas berikut ini.

1. Kumis kucing
Bahan senyawa aktif yang terdapat dalam daun kumis kuncing bisa menimbulkan efek farmakologis yang bersifat anti radang, mengobati infeksi saluran kemih dan sebagainya.

2. Sambiloto
Tanaman sambiloto bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih yang disertai nanah dan darah.

3. Meniran
Tanaman semak yang satu ini terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun. Kandungan senyawa meniran seperti filantin, dammar, tannin, dll mampu mengatasi peradangan ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Pegagan
Daun pegagan bersifat anti –infeksi sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Mampu membersihkan racun karena memiliki sifat anti-toksin.

5. Temu hitam / temu ireng
Bagian rimpang dari tanaman ini bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal, membersihkan racun dan zat aditif lainnya yang dapat menimbulkan peradangan dan infeksi.

6. Jarong
Jarong memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-toksin. Dengan kedua sifat tersebut, jarong bermanfaat untuk mencegah peradangan pada jantung , dan melindunginya dari infeksi serta membantu meluruhkan air seni.

7. Ekor kuda
Ekor kuda bersifat diuretik sehingga dapat membantu melancarkan buang air kecil dan melindungi saluran kemih dari infeksi.

8. Uva ursi
Uva ursi sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat dalam mengatasi berbagai masalah pada ginjal. Uva ursi dapat mencegah terjadinya infeksi pada ginjal, mengurangi rasa sakit dan membersihkan kandung kemih dari racun dan kotoran.

9. Cranberry
Kandungan berberin dan alkaloid didalamnya membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengeluarkannya bersama urin.

10. Dandelion
Akar dandelion bersifat diuretik sehingga bisa meningkatkan intensitas urin dan mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

11. Marshmallow
Marshmallow bersifat anti-inflamasi yang berfungsi mencegah peradangan pada ginjal dan membunuh bakteri yang merugikan.

12. Daun sendok
Tanaman terna ini mudah sekali kita temukan, umumnya tumbuh dipekarangan rumah, ataupun dikebun secara liar. Daun sendok bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi sehingga dapat membersihkan ginjal dari bakteri dan melindunginya dari peradangan.

Tentunya masih banyak lagi jenis tanaman obat untuk infeksi ginjal disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat. Demikianlah beberapa jenis tanaman obat untuk infeksi ginjal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit tersebut. 

Semoga semakin menambah pengetahuan bagi yang membaca, agar tidak kebingungan dalam mencari obat untuk mengobati penyakit infeksi ginjal tersebut. Selain memanfaatkan tanaman obat, anda bisa juga melakukan pencegahan sejak dini yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang baik bagi kesehatan, meningkatkan konsumsi air putih, mengurangi konsumsi garam, dan menjaga kebersihkan organ intim setelah selesai buang air kecil.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dibalik Hipertensi Pada Ginjal (Tekanan Darah Tinggi)

Panduan Sederhana untuk Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Batu Ginjal

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami